Hukum Bitcoin (PWNU JATIM)

2. Hukum Bitcoin (PCNU Kab. Bangkalan dan PWNU)

Hukum Bitcoin (PWNU JATIM)
Bitcoin


Deskripsi Masalah

Era digital yang terus berkembang memungkinkan masyarakat modern melakukan transaksi tanpa
susah-susah membawa uang tunai, cukup dengan kartu ATM atau e-money, seseorang bisa berbelanja aneka keperluan. Bahkan sekarang telah ditemukan program uang digital yang disebut Bitcoin, dimana pada awalnya hanya bisa didapatkan dengan cara "menambang" sehingga tidak bisa mudah didapatkan, bahkan dalam satu hari hanya bisa dihasilkan enam Bitcoin saja. Pada kurun waktu tertentu Bitcoin sudah tidak bisa ditambang lagi dan menurut informasi yang beredar, pada akhirnya Bitcoin hanya mencapai 21 juta.

Saat pertama kali muncul, Bitcoin sangat tidak berharga, bahkan transaksi pertama kali yang terjadi
menggunakan bitcoin, satu pizza ditukar dengan 10 ribu Bitcoin. Namun karena kepercayaan masyarakat akan keamanan Bitcoin semakin meninggi, harganya terus meningkat dari hari ke hari, selaras dengan semakin langkanya Bitcoin yang bisa ditambang. Dalam beberapa waktu lalu, tercatat pada 24 Desember 2017, harga satu Bitcoin mencapai Rp. 170.000.000.

Sistem transaksi Bitcoin sebenarnya hampir sama dengan transaksi pada umumnya, dimana pemilik
akun dompet Bitcoin yang disebut Wallet, bisa menampung kiriman Bitcoin dari akun lain sebagai
pembayaran dari transaksi yang dilakukan baik dalam dunia nyata atau maya. Namun biasanya, transaksi yang paling digeluti oleh pemilik Bitcoin adalah dengan melemparnya di pasar global layaknya bursa saham.

Dalam masalah yang kedua ini, dibutuhkan keahlian dalam menganalisa naik turunnya harga Bitcoin. Sebab jika analisa yang dilakukan bagus dan cemerlang, pelepasan Bitcoin di pasar global bisa menghasilkan harga yang sangat fantastis, dari modal RP 30.000.000, dalam hitungan jam bisa berkembang menjadi Rp 90.000.000. Namun demikian, karena dibutuhkannya analisa yang bagus, maka tidak jarang, pelaku transaksi meski sudah ahli sekalipun, dapat mengalami kerugian yang berlipat ganda akibat meleset dalam menganalisa kenaikan harga Bitcoin.

Pertanyaan

a. Bagaimana fikih melihat menyikapi penggunaan Bitcoin sebagai alat tukar/pembayaran dan investasi?

Jawaban :

Menurut fiqh, bitcoin tergolong harta virtual menyerupai dain. Dengan demikian, dapat dijadikan sebagai alat transaksi yang sah dan dapat dijadikan sebagai investasi. Namun demikian, sampai saat ini, pemerintah Indonesia belum menerbitkan regulasi yang mengatur bitcoin sebagai alat transaksi yang sah dan belum menjamin keamanan investasi bitcoin, sehingga investasi bitcoin memliki resiko yang tinggi karena sepenuhnya bergantung kepada pasar dan tidak ada jaminan dari pemerintah.

Referensi:

❖ بغية املسرتشدين صـ 91 دار الفكر
)مسألة: ك(: جيب امتثال أمر اإلمام يف كل ما له فيه والية كدفع زكاة املال الظاهر، فإن مل تكن له فيه والية وهو من احلقوق الواجبة أو املندوبة جاز
ً الدفع إليه واالستقالل بصرفه يف مصارفه مل جيب امتثال أمره
ً أو حراما
ً أو مكروها
، وإنكان املأمور به مباحا فيه كما قاله )م ر( وتردد فيه يف التحفة، مث
ً وإال فظاهر
ً وابطنا
ً فقط، وما عداه إنكان فيه مصلحة عامة وجب ظاهرا
ً لكن ظاهرا
،ً
ً مال إىل الوجوب يفكل ما أمر به اإلمام ولو حمرما فقط أيضا
ا
أنه ال أيمث بعدم االم
ً أنه أيمث اهـ. قلت: وقال ش ق: واحلاصل أنه جتب ً
والعربة يف املندوب واملباح بعقيدة املأمور، ومعىن قوهلم ظاهرا تثال، ومعىن ابطنا
ً مما ليس حبرام أو مكروه، فالواجب يتأكد، واملندوب جيب، وكذا املباح إنكان فيه مصلحةكرتك
ًوابطنا
طاعة اإلمام فيما أمر به ظاهرا شرب التنباك إذا

قلنا بكراهته ألن فيه خسة بذوي اهليئات، وقد وقع أن السلطان أمر انئبه أبن ينادي بعدم شرب الناس له يف األسواق والقهاوي، فخالفوه وشربوا فهم
العصاة، وحيرم شربه اآلن امتثاالً ألمره، ولو أمر اإلمام بشيء مث رجع ولو قبل التلبس به مل يسقط الوجوب اهـ
❖ الفقه اإلسالمي اجلزء اخلامس: 518-519 دار الفكر
وكذالك حيق للدولة التداخل يف امللكيات اخلاصة املشروعة لتحقيق العدل واملصلحة العامة سواء يف أصل حق امللكية أو يف منع املباح ومتلك املباحات
قبل اإلسالم وبعده إذا أدى استعماله إىل ضرر عام كما يتضح من مساوئ امللكية اإلقطاعية ومن هنا حيق لويل األمر العادل أن يفرض قيود امللكية يف
بداية إنشائها يف حال إحياء املوات فيحددها مبقدار معني أو ينتزعها من أصحاهبا مع الدفع تعويض عادل عنها إذا كان ذالك يف سبيل املصلحة العامة
للمسلمني ومن املقرر عند الفقهاء أن لويل األمر أن ينهى إابحة امللكية حبظر يصدر منه ملصلحة تقتضيه فيصبح ما جتاوزه أمر حمظورا فإن طاعة ويل
األمر واجبة لقوله تعاىل: "أييها اللذين آمنوا أطيعوا هللا وأطيعوا الرسول وأويل األمر منكم" وأويل األمر األمراء والوالة كما روى إبن عباس وأبو هريرة وقال
الطربي أنه أويل األقوال ابلصواب إهـ

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.