Pengertian mampu melaksanakan haji sehingga dikenai kewajiban haji

Sudahkah anda tau orang yang seperti apa yang dikatakan mampu melaksanakan ibadah haji ??


melaksanakan ibadah haji
di masjidil haram, makkah mukarromah


Rukun islam yang kelima adalah melaksanakan haji bagi yang mampu. Bagi umat muslim yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji maka wajib melaksanakannya, tidak sedikit dari orang muslim yang beranggapan bahwa dirinya tidak dikenai kewajiban haji padahal sebenarnya menurut tinjauan fiqihnya dia sudah dihitung mampu.

Sebenarnya orang yang seperti apa yang dikatakan mampu melaksanakan ibadah haji sehingga dikenai hukum wajib haji, seperti apakah standar ekonomi yang dikatakan mampu melaksanakan haji ?

Jawaban :

Jika seorang muslim mempunyai harta yang cukup untuk dijadikan biaya dirinya berangkat haji baik untuk biaya transportasi pulang pergi, biaya hidup selama melaksanakan ibadah haji dan nafkah keluarganya yang ditinggalkan di rumahnya maka orang tersebut dikenai hukum wajib haji, bahkan ada yang mengatakan, jika seorang muslim mempunyai harta semisal tanah atau kendaraan mewah yang sekiranya ketika dijual cukup dijadikan biaya haji maka harta tersebut wajib dijual untuk dijadikan biaya haji, walaupun setelah itu dia tidak punya harta samasekali dan menjadi miskin.

Referensi


المجموع شرح المهذب - (ج 7 / ص 73)
 قال المصنف رحمه الله تعالى * (وان احتاج إليه في بضاعة يتجر فيها ليحصل ما يحتاج إليه للنفقة ففيه وجهان قال أبو العباس ابن سريج لا يلزمه الحج لانه يحتاج إليه فهو كالمسكن والخادم (ومن) أصحابنا من قال يلزمه لانه واجد للزاد والراحلة) * (الشرح) قال أصحابنا إذا كانت له بضاعة يكسب بها كفايته وكفاية عياله أو كان له عرض تجارة يحصل من غلته كل سنة كفاية وكفاية عياله وليس معه ما يحج به غير ذلك وإذا حج به كفاه وكفى عياله ذاهبا وراجعا ولا يفضل شئ فهل يلزمه الحج فيه هذان الوجهان اللذان ذكرهما المصنف وهما مشهوران (أحدهما) لا يلزمه وهو قول ابن سريج وصححه القاضى أبو الطيب والرويانى والشاشى قال لان الشافعي قال في المفلس يترك له ما يتجر به لئلا ينقطع ويحتاج إلي الناس فإذا جاز ان يقطع له من حق الغرماء بضاعة فجوازه في الحج أولي (والثاني) وهو الصحيح يلزمه الحج لانه واجد للزاد والراحلة وهما الركن المهم في وجوب الحج قال الشيخ أبو حامد ولو لم نقل بالوجوب للزم ان نقول من لا يمكنه ان يتجر بأقل من الف دينار لا يلزمه الحج إذا ملكها وهذا لا يقوله احد قال اصحابنا والفرق بين هذا وبين المسكن والخادم انه محتاج اليهما في الحال وما نحن فيه نجده ذخيرة قال المحاملي والاصحاب وأما ما ذكره الشافعي في باب التفليس فمراده انه يترك له ذلك برضي الغرماء فأما بغير رضاهم فلا يترك وهذا الذى صححناه من وجوب الحج هو الصحيح عند جماهير الاصحاب


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.