Hukum menikahi wanita sedang hamil
Bagaimanakah hukum Menikahi wanita yang sedang hamil ???
![]() |
Pada zaman yang semakin akhir ini sangat sering kita temukan wanita-wanita hamil di luar nikah, demi menutupi aib tersebut tidak jarang orang tua memaksakan anak tersebut untuk segera menikah baik dengan yang telah menghamilinya maupun dengan laki-laki lain.
Pertanyaan :
Apa hukumnya menikahi wanita yang sedang hamil ?
Jawaban :
Dalam menjawab pertanyaan ini para ulama berbeda pendapat seperti demikian :
• Menururt madzhab Syafi’i dan Hambali boleh menikahi wanita yang sedang hamil dari hasil zina baik yang menikahi tersebut adalah yang menghamilinya atau laki-laki lain.
• Menurut madzhab Malikiyyah dan Hanabilah tidak boleh menikahi wanita ynag sedang hamil dari hasil zina, baik laki-laki tersebut adalah yang menghamilinya ataupun laki-laki lain, sampai wanita tersebut melahirkan.
Catatan :
Jika kita mengikuti pendapat yang memperbolehkan menikahi wanita yang sedang hamil maka konsekuensinya adalah :
Jika suami tersebut bukanlah orang yang telah menghamilinya maka selama wanita tersebut belum melahirkan tidak boleh bagi si suami untuk menyetubuhi wanita itu. Menurut madzhab syafi’iyyah hal ini dihukumi makruh (tidak sampai haram).
Jika suami tersebut adalah laki-laki yang telah menghamilinya maka diperbolehkan untuk menyetubuhi istrinya tersebut, walaupun sebelum melahirkan. Hal ini dalam madzhab syafi’i juga dihukumi makruh.
Referensi
روضة الطالبين - (ج 6 / ص 351)
وحكى الغزالي في الوجيز وجهين آخرين. أحدهما: تنقضي، لاحتمال أنه وطئها بشبهة قبل النكاح، ويكفي الاحتمال، كالولد المنفي باللعان. والثاني: إن ادعت وطئ شبهة، حكم بانقضاء العدة، لان القول في العدة قولها مع الامكان، ولم يذكر هذه الاوجه في الوسيط والبسيط في هذه الصورة، بل ذكرها فيمن قال: إن ولدت فأنت طالق، فولدت وشرعت في العدة، ثم ولدت بعد ستة أشهر ولدا آخر. والثالث: الفرق بين أن تدعي وطءا محترما من الزوج بعد الولادة الاولى فتنقضي العدة، أو لا فلا. فإذا قلنا بالمذهب، فإن كان المولود لاحقا بغيره بوطئ شبهة، أو في عقد فاسد، انقضت عدة الوطئ بوضعه، ثم تعتد عن الزوج بعده، وإن كان من زنا، اعتدت عدة الوفاة من يوم الموت، أو عدة الطلاق من يوم الطلاق، وتنقضي العدة مع الحمل في عدة الوفاة. وفي عدة الطلاق، إذا كانت من ذوات الاشهر، أو كانت من ذوات الاقراء، ولم تر دما أو رأته، وقلنا: إن الحامل لا تحيض وإن رأته، وقلنا: إنه حيض، ففي انقضاء العدة بأطهارها وهي حامل وجهان. أصحهما: الانقضاء، لان حمل الزنا كالمعدوم. فعلى هذا، لو زنت في عدة الوفاة أو الطلاق، وحبلت من الزنا، لم يمنع ذلك انقضاء العدة، ولو كان الحمل مجهول الحال، حمل على أنه من زنا، قاله الروياني في جمع الجوامع. فرع لو نكح حاملا من الزنا، صح نكاحه بلا خلاف. وهل له وطؤها قبل الوضع ؟ وجهان. أصحهما: نعم، إذ لا حرمة له، ومنعه ابن الحداد. الشرط الثاني: أن تضع الحمل بتمامه، فلو كانت حاملا بتوأمين، لم تنقض العدة حتى تضعهما، حتى لو كانت رجعية، ووضعت أحدهما، فله الرجعة قبل أن تضع الثاني
Tidak ada komentar