Apa Pengertian Rujuk Dalam Talak

Masalah Rujuk Dalam Talak


Rujuk di pengadilan agama
Penadilan agama


Rujuk : adalah mengembalikan istri yang sudah ditalak yang bukan ba’in pada ikatan pernikahan.
Dalil rujuk dari al-qur’an :

وَ بُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ بِرَدِّهِنَّ فِيْ ذَلِكَ اِنْ اَرَادُوْا اِصْلَاحًا. البقرة ... 228

Diperbolehkan merujuk istri yang sudah ditalak jika masa iddahnya masih ada (belum selesai) dan bukan talak ba’in.

Apabila talaknya merupakan talak ba’in maka tidak ada kata rujuk, walaupun masa iddahnya masih ada, seperti, khulu’ fasakh dan lain-lain.

Apabila masa iddah wanita yang ditalak sudah habis bagi suami yang mentalak boleh kumpul lagi namun harus melewati pernikahan yang baru, jika sebelum pernikahan ini terjadi talak satu maka setelah pernikahan hanya sisa dua, jika talak dua maka sisa satu, artinya jika setelah pernikahan ini suami mentalak satu maka menjadi talak ba’in, baik setelah ditalak suami si istri sudah pernah menikah dengan orang lain atau tidak.

Jika talak merupakan talak tiga dan ingin balikan lagi maka untuk bisa menikah lagi harus ada muhallil (orang yang menjadikan halalnya pernikahan) terlebih dahulu.

Muhallil adalah pihak ketiga, contoh, si-A mentalak tiga si-B, agar si-A bisa menikah lagi dengan si-B harus ada si-C yang menikahi si-B terlebih dahulu, setelah si-B menikah dengan si-C dan si-C mentalak si-B dan iddah si-B juga sudah selesai maka si-A baru bisa menikah lagi dengan si-B.
Lebih lengkapnya seperti di bawah ini :

Setelah talak tiga Bisa menikah lagi, syaratnya adalah :
Iddah dari suami pertama yang mentalak sudah selesai.
Si istri menikah dengan laki-laki lain (muhallil).
Si sitri sudah Disetubuhi oleh suami yang baru (muhallil).
Sudah ditalak oleh suami yang baru (muhallil).
Masa iddah dari suami yang baru (muhallil) sudah selesai.

Apabila lima syarat tersebut sudah terpenuhi barulah suami yang awal (si-A) bisa menikahi istri yang sudah pernah ditalak tiga (si-B).

فتح القريب شرح الغاية والتقريب - (ج 1 / ص 121)
(فصل): في أحكام الرجعة والرجعة بفتح الراء وحكي كسرها، وهي لغة المرة من الرجوع، وشرعاً رد المرأة إلى النكاح في عدة طلاق غير بائن على وجه مخصوص، وخرج بطلاق وطء الشبهة والظهار، فإن استباحة الوطء فيهما بعد زوال المانع لا تسمى رجعة (وإذا طلق) شخص (امرأته واحدة أو اثنتين فله) بغير إذنها (مراجعتها ما لم تنقض عدتها) وتحصل الرجعة من الناطق بألفاظ منها راجعتك، وما تصرف منها والأصح أن قول المرتجع رددتك لنكاحي وأمسكتك عليه صريحان في الرجعة وأن قوله تزوجتك أو نكحتك كنايتان، وشرط المرتجع إن لم يكن محرماً أهلية النكاح بنفسه، وحينئذ فتصح رجعة السكران لا رجعة المرتد، ولا رجعة الصبي والمجنون، لأن كلاًّ منهم ليس أهلاً للنكاح بنفسه بخلاف السفيه والعبد فرجعتهما صحيحة من غير إذن الولي والسيد، وإن توقف ابتداء نكاحهما على إذن الولي والسيد، (فإن انقضت عدتها) أي الرجعية (حل له) أي زوجها (نكاحها بعقد جديد وتكون معه) بعد العقد (على ما بقي من الطلاق) سواء اتصلت بزوج غيره أم لا (فإن طلقها) زوجها (ثلاثاً) إن كان حراً أو طلقتين إن كان عبداً قبل الدخول أو بعده (لم تحل له إلا بعد وجود خمس شرائط) أحدها (انقضاء عدتها منه) أي المطلق. (و) الثاني (تزويجها بغيره) تزويجاً صحيحاً. (و) الثالث (دخوله) أي الغير (بها وإصابتها) بأن يولج حشفته أو قدرها من مقطوعها بقبل المرأة لا بدبرها بشرط الانتشار في الذكر، وكون المولج ممن يمكن جماعه لا طفلاً. (و) الرابع (بينونتها منه) أي الغير. (و) الخامس (انقضاء عدتها منه).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.